Tips Mengirim Paket Di Musim Hujan

Memasuki musim hujan bagi kamu yang memiliki bisnis online perlu sedikit waspada, hal ini dikarenakan disamping resiko paket kamu akan basah atau rusak, curah hujan yang terjadi dapat mengakibatkan terjadinya banjir di beberapa wilayah di Indonesia, sehingga menyebabkan penundaan waktu paket sampai dikirim ke tujuan.

Bagi kamu yang memang berkutat dalam bisnis online ada baiknya kamu melakukan beberapa hal berikut dalam mengirim paket produkmu di musim hujan,

1. Packing tahan air

Meskipun meskipun pihak ekspedisi telah berusaha untuk menjaga paket tetap kering, tidak ada salahnya juga Anda mengantisipasi keadaan tersebut dengan memaksimalkan pengemasan paket. Perusahaan ekspedisi akan melapisi paketmu dengan plastik, namun apabila memungkinkan, usahakan kamu melakukan double packing pada produkmu. Gunakan packing yang aman dan tahan air agar air hujan tidak bisa masuk ke barang yang dikirim. ini berguna untuk mencegah produkmu rusak dalam perjalanan atau terkena air hujan yang masuk

2. Gunakan selotip / isolasi berkualitas bagus

Paket yang dibawa kurir bisa melalui berbagai cuaca dan situasi untuk dapat sampai di tangan konsumen. bisa saja kurir mengantar paket saat hujan turun dengan lebat.
Mengemas paket dengan selotip seadanya atau kurang merekat dapat menjadikan paket kamu kemasukan air. Pastikan selotip atau isolasi yang digunakan dapat merekat kuat meskipun terkena air dan dapat menutup semua sudut kemasan paket yang rawan terbuka.
Perhatikan pula ukuran selotip pada ukuran paket, selotip kecil pada paket besar pada umumnya akan mudah terkelupas.

3. Cek info lokasi banjir atau bencana
Banjir atau bencana di beberapa lokasi bisa saja terjadi pada saat musim hujan, banjir atau bencana yang melanda suatu daerah atau jalan penghubung yang termasuk dalam kategori parah dapat menghambat proses pengiriman paket kamu sehingga memerlukan waktu sampai yang lebih lama.
Ada baiknya kamu mengetahui situasi di daerah tujuan paket yang akan kamu kirimkan apakah sedang terkena banjir dan bencana atau tidak melalui situs berita atau bertanya ke layanan customer servis perusahaan pengiriman.

4. Pilih layanan pickup paket
Apabila memungkinkan pilih layanan pickup paket ke tempatmu, hal ini dapat meminimalkan resiko paket yang dikirim dibanding kamu sendiri yang mengantar ke counter pengiriman, terlebih pada saat kondisi hujan.

5.Gunakan asuransi
Apabila memungkinkan, gunakan asuransi pengiriman, atau pilih perusahaan pengiriman yang sudah bekerjasama dengan asuransi sehingga jika ada barang yang rusak karna hujan tercover asuransi.

Demikian beberapa tips mengirimkan paket saat musim hujan, semoga dapat membantu kamu ya..